Apa Saja Yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran?

Apa kamu seorang guru? Apa kamu menggunakan media pembelajaran saat mengajar dikelas? Jika ya, maka kita akan membahas mengenai apa saja yang harus diperhatikan oleh Seorang Guru dalam menggunakan media pembelajaran.

Media pembelajaran adalah sebuah media untuk menyampaikan informasi dari materi pembelajaran. Biasanya media pembelajaran ini memiliki bentuk yang berbeda-beda. Ada yang konvensional, dan modern. 

Media pembelajaran konvensional berbentuk fisik seperti penggunaan kertas, plastik, botol, dan lainnya untuk menyampaikan ilustrasi dari materi pembelajaran. Media pembelajaran modern berbentuk perangkat lunak atau software seperti media pembelajaran interaktif yang berbentuk software dan dapat diinstal pada laptop/pc atau smartphone.

Lalu yang perlu diperhatikan oleh seorang guru dalam menggunakan media pembelajaran adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan Kemampuan Siswa

Biasanya media pembelajaran ini ditujukan untuk Guru, dan Siswa. Oleh karena itu, Guru juga harus mengetahui kemampuan Siswa dalam menggunakan media pembelajaran. Hal ini sangat mempengaruhi hasil akhir yang didapatkan oleh Siswa. Karena jika ternyata Siswa tidak mampu menggunakan media pembelajaran yang ada, maka hasilnya akan sia-sia.

  • Perhatikan Kondisi Kelas

Saat ini sudah banyak sekali media pembelajaran yang dapat digunakan secara gratis. Salah satunya adalah media pembelajaran interaktif yang dapat didownload melalui internet. Media pembelajaran seperti ini dapat digunakan jika sudah memperhatikan kondisi kelas. Kondisi kelas yang dapat menggunakan media pembelajaran interaktif harus sudah sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Seperti siswa harus memiliki gadget masing-masing, memiliki jaringan internet yang bagus, mampu belajar mandiri, dan berpikir kritis.

  • Perhatikan Penyajian Informasi pada Media Pembelajaran

Pada dasarnya media pembelajaran digunakan untuk menyajikan informasi secara informatif, padat, dan jelas. Media pembelajaran ini juga harus membangkitkan kemampuan mahasiswa dalam berinteraksi dengan media secara mandiri. Sehingga perlu untuk memperhatikan penyajian informasi pada media pembelajaran yang digunakan. Apakah sudah dapat menyampaikan informasi dengan baik atau malah jadi penghambat proses belajar, dan mengajar di kelas.

Nah itu saja yang informasi yang dapat kami bagikan mengenai Apa Saja Yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran?

Hubungi kami jika membutuhkan jasa pembuatan media pembelajaran interaktif pada nomor berikut ini:

0811658201

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di pembahasan lainnya

Terima Kasih


0 Response to "Apa Saja Yang Harus Diperhatikan oleh Seorang Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran?"

Posting Komentar