Apa Benar Media Pembelajaran Interaktif Bisa Meningkatkan Minat Belajar Siswa?

Selama ini media pembelajaran interaktif banyak dipilih untuk menyelesaikan masalah pada minat belajar siswa. Kita berharap dengan adanya media pembelajaran interaktif ini, masalah yang dihadapi akan terselesaikan dengan tuntas. Namun apa benar, dengan membuat media pembelajaran interaktif saja, minat belajar siswa dapat meningkat? 

(Foto- Dr. Rian Farta Wijaya, S.Kom., M.Kom di SMK N1 Stabat)

Ini akan menjadi pembahasan yang sangat menarik, karena sudah banyak sekali jurnal yang membahas ini. Penggunaan media pembelajaran interaktif menjadi solusi terbaik yang dipilih. Banyak juga mahasiswa di bidang pendidikan, dan bidang komputer yang juga ikut membuat media pembelajaran interaktif. 

Tentu saja, pembuatan media pembelajaran interaktif itu, ditujukan untuk syarat agar lulus dan mendapatkan gelar sarjana. Lalu bagaimana dengan media pembelajaran interaktif yang dihasilkan? Apa memang benar dapat meningkatkan minat belajar siswa? 

Media pembelajaran interaktif sebenarnya memang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Kita dapat melihat dan menguji nya secara langsung kepada siswa. Hanya saja masih banyak pula media pembelajaran interaktif yang tidak dapat meningkatkan minat belajar siswa. 

Banyak media pembelajaran interaktif yang asal buat dan tidak memiliki konsep matang dalam penyajian informasi. Informasi disajikan dalam bentuk multimedia (terdiri dari teks, gambar, suara, animasi, dan video). Hanya saja kebanyakan informasinya tidak memiliki makna yang berarti. Sehingga tujuan utama dari pembuatan media pembelajaran interaktif belum dapat tercapai sepenuhnya. 

Untuk dapat membuat media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan minat belajar siswa, maka harus melakukan tips berikut ini: 

  1. Media pembelajaran interaktif memiliki size penyimpanan yang kecil (dibawah 10mb lebih baik) 
  2. Konten disajikan dalam multimedia (teks, suara, gambar, animasi, dan video) 
  3. Informasi yang ada, harus singkat, padat, dan jelas 
  4. Informasi juga harus diilustrasikan pada suatu kejadian nyata, sehingga siswa dapat membayangkannya dan mengingatnya dengan baik 
  5. Berikan soal-soal, dan minta siswa untuk berinteraksi dalam penyelesaiannya, ini akan membantu siswa berpikir kritis 
  6. Media pembelajaran interaktif harus dapat berjalan pada smartphone android, ini dikarenakan siswa akan lebih mudah untuk belajar dimana saja, dan kapanpuan tanpa terhalang ruang dan waktu 
  7. Uji media pembelajaran interaktif yang sudah dihasilkan pada siswa. Buatlah kelas kontrol dan eksperimen. Kemudian berikan pembelajaran secara konvensional pada kelas kontrol, dan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif pada kelas eksperimen. Sediakan soal, dan ujilah hasil belajar keduannya. Lalu dapatkan hasil jawaban mereka, dan bandingkanlah. Maka kamu pasti menemukan media pembelajaran interaktif yang kamu buat, terbukti dapat meningkatkan minat belajar siswa. 

Dan masih banyak lagi tips lainnya. Semoga dengan artikel ini dapat menjawab pembahasan yang ada. Silahkan share informasi ini ke teman kamu, dan berikan komentar jika kamu memiliki informasi lainnya yang serupa. 

Terima kasih.

0 Response to "Apa Benar Media Pembelajaran Interaktif Bisa Meningkatkan Minat Belajar Siswa? "

Posting Komentar