Belajar Cara Membuat Multimedia Interaktif secara Otodidak dan Gratis

Apakah ini sudah kamu temukan?
Kamu melihat banyak dari temenmu yang mampu membuat multimedia interaktif sendiri.

Hasilnya terlihat dinamis, responsif, dan menarik, padahal kamu bisa membuatnya lebih bagus dibanding mereka.
  • kamu mulai mencari banyak informasi cara membuat multimedia interaktif dengan cepat.
  • Melihat video di youtube
  • Belajar menggunakan software seperti macromedi flash, adobe flash, dan adobe animate.
  • Kamu juga belajar menggunakan bahasa pemrograman actionscript.
  • Bergabung ke dalam komunitas multimedia interaktif
Namun kamu belum juga mendapatkan hasil seperti yang diharapkan.

Mari kita mulai belajar cara membuat multimedia interaktif secara otodidak dan gratis

(Foto Rian Farta Wijaya bersama Dekan FT UNP & Dosen FT UNP)

1. Pengertian Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk menyajikan informasi pembelajaran dalam bentuk teks, gambar, suara, video, dan animasi. Informasi yang disajikan dibuat untuk dapat berinteraksi dengan pengguna. Sehingga pengguna dapat mempelajari informasi pembelajaran yang ada secara mandiri.

Macromedia flash, adobe flash, dan adobe animate merupakan beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat dan menghasilkan multimedia interaktif. Software ini menggunakan bahasa pemrograman yang dinamakan actionscript. Macromedia flash menggunakan actionscript 1, 2 dan hasilnya merupakan multimedia interaktif yang dapat berjalan di desktop atau pc, serta website. Adobe flash, dan adobe animate menggunakan actionscript 1, 2, 3, dan hasilnya merupakan multimedia interaktif yang dapat berjalan di desktop atau pc, website, dan smartphone android atau ios.

2. Tujuan menggunakan Multimedia interaktif


Multimedia interaktif biasa digunakan untuk pengajaran, dan pembelajaran di kelas atau pun di luar kelas. Tujuan dari penggunaan multimedia interaktif adalah untuk menyajikan informasi dalam bentuk yang menarik, dan interaktif yang dapat digunakan dalam pembelajaran mandiri.


3. Manfaat menggunakan Multimedia interaktif

Multimedia interaktif  bermanfaat dalam pengajaran, dan pembelajaran di kelas atau pun di luar kelas. Siswa dapat memanfaatkan multimedia interaktif ini untuk mendapatkan informasi yang sudah disajikan dengan bentuk yang menarik, dan interaktif, sehingga dapat juga digunakan secara mandiri.

4. Penggunaan Multimedia Interaktif

Berikut adalah contoh dari penggunaan multimedia interaktif;

a. Penggunaan multimedia interaktif dalam pengajaran

Misalkan guru menyediakan multimedia interaktif dalam pengenalan matematika.

b. Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran

Misalkan siswa belajar dengan menggunakan multimedia interaktif pengenalan matematika yang telah dibuat oleh guru.


5. Video Tutorial Membuat Multimedia Interaktif 

Part 1 Cara membuat Project Media Pembelajaran Interaktif di Adobe Flash CS 6



Pada video cara membuat media pembelajaran interaktif bagian pertama ini anda akan diajarkan dalam membuat dan menyimpan project flash anda yang telah dibuat dengan adobe flash atau adobe animate. Jika anda telah menguasai pembelajaran pembuatan media interaktif flash bagian 1 maka anda dapat melanjutkannya dengan bagian kedfua yaitu cara merubah flash menjadi exe di adobe flash cs 6.

Part 2 Cara merubah flash menjadi exe di Adobe Flash CS 6



Pada video bagian kedua ini pembelajaran yang disajikan adalah bagaimana untuk merubah file fla menjadi exe  dengan menggunakan adoeb flash cs6. jika telah berhasil maka anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan pembvelajaran yang terdapat pada video pembelajaran bagian ketiga yaitu cara menjlankan flash p[roject di adobe flash.

Part 3 Cara menjalankan Flash Project di Adobe Flash CS 6


Bagian ketiga akan mengajarkan anda bagaimana untuk menajlankan project flash yang telah dibuat pada adobe flash cs 6 anda melalui emulator yang disediakan utnuk emlihat hasil dari project yang dibuat sudfah sesuaikah atau belum dengan target yang ingin dicapai. jika sudah menguasai bagian ketiga ini maka anda dapat melanutkannya pada video bagian keempat yang berjudul cara membuat scene di adobe flash.

Part 4 Cara membuat Scene di Adobe Flash


Scene digunakan untuk memisahkan tampilan project menjadi beberapa bagian yang disesuaikan. Jiak telah menguasai bagian ini maka anda dapat melanjutkannnya dnegan menggunakan bagian kelima yang berjudul cara menggunakan simbol movie clip, button, graphic di adobe flash.

Part 5 Cara Menggunakan Simbol Movie Clip, Button, dan Graphic di Adobe Flash



Simbol movie clip, button, graphic umumnya diguanakn untuk mendukung media pembelajaran yang anda buat untuk menjadi menarik dan interaktif. Jiak anda sudah menguasi flash bagian ini maka anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan tutorial dibawah ini yang berjudul cara mnembuat button berpindah scene di adobe flash.

Part 6 Cara membuat Button berpindah Scene di Adobe Flash

Button flash akan sangat dibutuhkan dalam pembuatan media pembelajaran interaktif, hal tersebut dikarenakan sebuah media pembelajaran tidak akan menjadi interaktif jika seorang pengguna tidak dapat menyentuh aplikasi dan aplikasi merespon apa yang dilakukan oleh si pengguna.

Part 7 Cara membuat Button berpindah Scene Lanjutan di Adobe Flash

Pada video cara membuat bu8tton berpindah scene lanjutan di adobe flash ini akn melanjutkan pembelajaran pengguanaan button flash yang digunakan untuk berpindah scene. Jiak sudah menyelesaikan bagian ini, maka anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan video kedelapan yang berjudul cara membuat tombol exit di adobe flash.

Part 8 Cara membuat tombol exit di Adobe flash


Pada bagian cara membuat tombol exit di adobe flash ini, anda akan diajarkan membuat sebuah tombol yang jika digunakan akan menutup aplikasi atau biasa disebut dnegan tombol exit. Jika sudah menguasai bagian ini maka anda dapat melanjutkannya dengan video kesembilan dibawah ini yang berjudul cara membuat musik di adobe flash.

Part 9 Cara membuat musik di adobe flash


Pada cara membuat musik di adobe flash, anda akan diajarkan bagaimana untuk memasukkan musik ke dalam flash atau media pembelajaran interaktif yang telah anda buat dnegan menggunakan adobe flash. Jika sudah menguasai bagian ini maka anda dapat melanjutkannya dengan menggunakan  cara memasukkan gamabr di adobe flash.

Part 10 Cara memasukkan gambar di adobe flash


Pada bagian kesepuluh anda akan diajarkan untuk memasukkan gambar di adobe flash. Gambar dapat dimasukkan dengan menggunakan 2 cara pada video ini. Jika sudah menguasainya silahkan lanjutkan dengan video selanjutnya yang berjudul cara memasukkan video di adobe flash.

Part 11 Cara memasukkan Video di Adobe Flash

Pada bagian kesebelas yang berjudul cara memasukkan video di adobe flash, anda akan diajarkan  untuk memasukkan video kedalam media pemebelajaran interaktif yang telah dibuat dengan menggunakan adobe flash.

Hubungi kami, jika anda kesulitan, dan ingin menggunakan jasa pembuatan multimedia interaktif - 0811658201

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat multimedia interaktif.


Multimedia interaktif PPT, Multimedia interaktif hiperaktif dan linear, Multimedia interaktif power point, Multimedia interaktif pdf, Multimedia interaktif pendidikan islam, Multimedia interaktif berbasis web, Multimedia interaktif berbasis android, web, dan desktop


0 Response to "Belajar Cara Membuat Multimedia Interaktif secara Otodidak dan Gratis"

Posting Komentar