Belajar Laravel - Cara mengaktifkan HTML Form di Laravel Framework (Bagian 3)

Assalamualaikum Wr Wb, 
artikel kali ini akan melanjutkan pembahasan kita yang sebelumnya
Belajar Laravel - Cara membuat Link atau Hyperlink di Laravel Framework (Bagian 2) , dan pada pembahasan kali ini kita akan mempelajari Belajar Laravel - Cara mengaktifkan HTML Form di Laravel Framework (Bagian 3).

Sedikit membingungkan bagi kita yang baru memulai untuk belajar menggunakan framework. Laravel sepertinya sulit jika tidak kita mulai untuk dipelajari, dan akan mudah seiring waktu yang telah kita korbankan.

Nah jika kita membuat website dengan PHP Native atau murni, kita hanya akan tinggal menggunakan saja perintah-perintah yang ada dalam membuat form seperti textfield, button dan komponen lainnya. Akan tetapi pada framework laravel, cara tersebut tidak berlaku, karena kita harus menginstal pada composer terlebih dahulu untuk dapat menggunakan service tersebut.

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkahyang harus dilakukan dalam mengaktifkan HTML form di laravel, yang akan menjawab pertanyaan anda seperti:

Kenapa textfield tidak tampil di laravel, kenapa button tidak tampil di laravel, kenapa php tidak berjalan di laravel, nah semua pertanyaan yang serupa akan terjawab pada bagian ini.

1. Buka Command Prompt dan masuk ke tempat anda menyimpan folder websie anda di htdocs
2. masukkan perintah ini
    composer require "laravelcollective/html":

"^5.4.0"
4. Jalankan Perintah yang ada, pastikan terkonek internet
5. Tunggu proses download dan instalasi 6. Tambahkan Perintah dibawah ini pada file app.php yang terletak di folder config Pastikan posisinya disesuaikan dengan providers
  'providers' => [
    // ...
    Collective\Html\HtmlServiceProvider::class,
    // ...
  ],
Pastikan posisinya disesuaikan dengan aliases
  'aliases' => [
    // ...
      'Form' => Collective\Html\FormFacade::class,
      'Html' => Collective\Html\HtmlFacade::class,
    // ...
  ],
7. Silahkan coba jalankan kembali website anda dengan menggunakan komponen seperti textfield, button dan komponen lainnya. 8. Finish Sampai Jumpa di artikel lainnya. Sumber: laravelcollective

0 Response to "Belajar Laravel - Cara mengaktifkan HTML Form di Laravel Framework (Bagian 3) "

Posting Komentar